Sistem Informasi Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (Si PHPL) Yang Terintegrasi

Beberapa system informasi yang telah dibangun di lingkup Kementerian LHK telah dijadikan teritegrasi satu sama lain yang bertujuan untuk lebih menjamin pengamanan pungutan Negara terhadap hasil hutan.

Sistem ifnromasi tersebut adalah:

  1. Sistem Informasi Penatausahaan Hasil Hutan Online (SI-PUHH Online) adalah sistem untuk pelayanan kegiatan penatausahaan hasil hutan kayu secara online bagi UM IUPHHK-HA.
  2. Sistem Informasi Produksi Hutan Alam Online (SIPHAO), adalah sistem untuk memantau realisasi Kegiatan Penebangan, Kegiatan Pembinaan Hutan dan Kegiatan Kelola Sosial pada IUPHHK-HA.
  3. Aplikasi Pelaporan Kinerja IUPHHK-HA (e-Monev Kinerja), adalah sistem untuk memantau kinerja UM IUPHHK-HA, meliputi kegiatan Tata Batas, PAK, ITSP, Pembukaan Wilayah Hutan, Pemanenan, Pembinaan Hutan, Perliundungan/Pengamanan, Ganis PHPL, Peralatan, Litbang, Kelola Sosial, Kelola Lingkungan dan Pemanfaatan/Pemasaran, pelaksanaan multi system silvikultur, penyerapan tenaga kerja dan investasi.
  4. SIMPONI adalah Sistem Informasi Penerimaan Negara Online yang dikelola oleh Direktrorat Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan.


Sistem Infrmasi yang telah ada (SIPHAO, SI-PUHH, e-Monev) akan menjadi Sistem Informasi PHPL. Dan kemudian akan diintegrasikan dengan SIMPONI yang berada dibawa pengelolaan Kementerian Keuangan.

Sumber: PermenLHK NOMOR : P.45/Menlhk-Setjen/2015 Tentang

Integrasi Sistem Informasi Pengelolaan Hutan Produksi Lestari