Pentingnya ITSP Dalam Perencanaan Produksi

Dalam Permen LHK terbatu tentang Penatausahaan Hasil Hu Tan Kayu Yang Berasal Dari Hutan Alam  Nomor : P.43/Menlhk-Setjen/2015 Tentang Penatausahaan Hasil Hu Tan Kayu Yang Berasal Dari Hutan Alam menyiratkan pentingnya perencanaan produksi.
Perencanaan Produksi adalah satu proses yang penting dalam tahapan penatausahaan hasil hutan di Hutan Alam. Sehingga  Setiap Pemegang IUPHHK-HA diminta untuk melaksanakan ITSP dengan intensitas sampling 100% sebagai dasar penyusunan rencana penebangan dalam RKTUPHHKHA.

Inventarisasi Tegakan Sebelum Penebangan atau disingkat  dengan ITSP adalah kegiatan pengukuran, pengamatan dan pencatatan terhadap pohon (yang direncanakan akan ditebang), pohon inti, pohon yang dilindungi, permudaan, data lapangan lainnya, untuk mengetahui jenis, jumlah, diameter, tinggi pohon, serta informasi tentang keadaan lapangan/lingkungan, yang dilaksanakan dengan intensitas tertentu sesuaidengan ketentuan yang berlaku

Dalam pelaksanaan ITSP, pohon yang direncanakan akan ditebang dipasang label ID barcode yang berisi informasi tentang fungsi hutan, nomor petak kerja, nomor pohon, jenis pohon, ukuran diameter, tinggi pohon bebas cabang dan posisi pohon. Kemudian Hasil ITSP tersebut dicatat dalam Laporan Hasil Cruising (LHC) elektronik melalui aplikasi SIPUHH.